Firasat Ustadz Farid Okbah حفظه الله

 

Seorang ikhwan asal Bengkulu pernah bercerita kepada kami, saat Ust Farid Okbah sedang sakit setelah kecelakaan, ia sempatkan diri ke Bekasi untuk menengok beliau. Ikhwan ini memiliki kesibukan setiap hari berkutat pada herbal, bekam, dan semacamnya.

Di sela-sela menjenguk, si ikhwan menyampaikan, “Ustadz, tolong carikan saya pekerjaan. Saya bingung mau cari kerja apa!”

Ustadz Farid menasehati, “Pekerjaan yang bagus itu saat kita memiliki produksi sendiri. Misalnya buat pisang goreng atau keripik. Semakin hari semakin bagus produksinya, sehingga banyak yang kenal. Tapi saya lihat Antum itu cocoknya di herbal.”

Masya Allah, si ikhwan pun senyum dan tidak banyak berkomentar setelah itu. Ia bergumam, “Kok Ustadz Farid bisa tepat tebakannya.”

Hingga sekarang si ikhwan masih sibuk dengan herbalnya, walhamdulillah.

Saat diceritakan kejadian di atas, kami menanggapi, “Itulah firasat Ulama. Biasanya Ulama itu Bashirahnya kuat. Pada zaman Salaf juga demikian, contohnya;

Dihikayatkan dari Imam asy-Syafi’i dan Muhammad bin al-Hasan bahwa keduanya melihat seorang laki-laki sedang berjalan ke arah mereka, lalu masing-masing mereka menebak pekerjaan orang tersebut. Kata Imam asy-Syafi’i, “Dia itu seorang tukang kayu.” Muhammad bin al-Hasan berkata, “Dia itu seorang pandai besi.” Begitu orang itu mendekat, keduanya bertanya kepadanya mengenai pekerjaannya, maka ia menjawab, “Dulu profesiku pandai besi tapi sekarang sudah berprofesi sebagai tukang kayu.”

(Admin Faridokbah.com)