Candailah Isterimu!


KH. Farid Ahmad Okbah. MA حفظه الله
Para suami harus memahami psikologi isteri dan bagaimana tabiat mereka. Apalagi dalam kondisi-kondisi tertentu seperti; saat hendak melahirkan emosinya naik, saat sedang menstruasi emosinya naik, begitu juga saat belanja mulai berkurang emosi pun naik 🙂. Jadi harus dipahami betul kondisi-kondisi seperti itu. Itulah yang akan membantu rumah tangga berjalan dengan baik.
Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam dahulu banyak becanda di rumahnya, contohya beliau berlomba lari dengan Aisyah lalu kalah, dan di waktu yang lain beliau yang mengalahkan. Artinya; beliau suka main lari-larian bersama isteri. 
Saya sudah mengumpulkan banyak riwayat tentang becanda Nabi, ternyata begitu banyak canda beliau. Jadi beliau di rumah tidak selalu terlihat serius. Oleh karenanya, Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bertanya kepada Jabir bin Abdillah, “Apakah kamu sudah menikah?” Jabir menjawab, “Sudah.” “Dengan gadis atau janda?” Tanya beliau. Jabir menjawab, “Janda!” Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam menegur, “Mengapa kamu tidak menikahi gadis sehingga kamu bisa becanda dengannya dan ia mencandaimu?”