Rumah Isteri-Isteri Nabi SAW Berdekatan


Oleh: Farid Ahmad Okbah. MA حفظه الله
Ada seorang ummahat mengajukan pertanyaan;
Mengapa para ikhwan atau para Ustadz jika memiliki isteri lebih dari satu, tempat tinggal mereka berjauhan? Padahal tempat tinggal isteri-isteri Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam saling berdekatan
KH. Farid Okbah. MA menjawab;
Supaya tidak bertempur (lebih menjaga hati dari kecemburuan). Dahulu Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam memiliki Sembilan isteri, rumah mereka satu sama lain berjejer. Seperti halnya Sembilan petak rumah.
Para Ulama menjelaskan bahwa jika rumah itu didorong dari salah satu sisinya, maka rumah itu akan roboh semuanya.
Inipun juga menunjukkan demikian sederhana rumah isteri-isteri Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam.
Ta’liq dari kami:
Rumah isteri-isteri Nabi Shallallahu alaihi wa Sallamlebih layak disebut kamar-kamar, bukan rumah. Jumlahnya Sembilan dan letaknya menempel dengan masjid Nabawi, bahkan ada riwayat bahwa kamar-kamar itu mengitari masjid kecuali dari sisi arah barat, sebagaimana disebutkan dari Shalih bin Kaisan. Itupun demikian sederhana, terbuat dari pelepah kurma.
Luas kamar-kamar tersebut masing-masing sebesar 8-9 hasta, namun luas kamar bagian dalam hanya mencapai 6-7 hasta. Dari Sembilan kamar tersebut, 5 di antaranya terbuat dari pelepah kurma yang dikuatkan dengan batu, sedangkan 4 lainnya terbuat dari pelepah yang dicampur tanah liat.
Penjelasan masalah ini bisa dilihat dalam kitab Quthuf Min Tarikh al-Masjid an-Nabawi, karya Sulaiman bin Shalih al-Ubaid.
Tanskrip & Ta’liq: Muizz Abu Turob حفظه الله