Intisari Kajian Ust Farid di Ponpes Al Ishlah Jonggol



Kerusakan-kerusakan yang ada itu munculnya dari mana? Munculnya dari rumah, bukan dari mana-mana. Karena keluarga kurang mengamalkan Quu Anfusakum Wa Ahliikum Naaro (Jagalah diri dan keluarga kalian dari api neraka). 
Pesantren terbanyak di dunia ada di Indonesia, yaitu 27.000. Tapi mengapa 50 % masyarakat Indonesia belum bisa baca Al Qur’an? Karena alumni pesantren kurang turun ke masyarakat. Di Indonesia ada 6.000 kecamatan. Sebisa mungkin ada 5 dai dalam satu kecamatan. 
Orang orang PKI itu mendekati orang-orang miskin, lalu diberi impian-impian kosong untuk revolusi dan mengambil harta orang-orang yang beruang. Karena PKI, setidak-tidaknya ada 2 juta orang yang berpindah agama ke Kristen, padahal sebelumnya mereka muslim. Mengapa demikian? Karena kita kurang mendekati mereka, sehingga mereka dipengaruhi PKI. 
Mengapa berbagai penyimpangan itu terjadi? Kembali kepada firman Allah dalam QS. Al Hasyr: 19. Karena mereka melupakan Allah.
Dahulu Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam tidur matanya namun tidak tidur hatinya. Kalo kita sekarang matanya kelihatan matanya, kelihatan memperhatikan, tapi hatinya melayang ke mana-mana. Jika ditanya; tadi Ustadznya menyampaikan apa? Jawabnya hanya; Tahu tuh ceramahnya panjang. 
Manusia mengembangkan berbagai ilmu duniawi. Namun ada satu ilmu yang terputus yaitu ilmu tentang Allah. Tadabburi QS. Thaha: 123-125 & QS. Fushshilat: 30-32.