Susah Bangun Subuh

 

 

Oleh : Farid Ahmad Okbah

 

Jika hendak tidur kita diajarkan membaca ayat kursi, dua ayat terakhir surat Al-Baqarah, kemudian membaca Surat Al-Ikhlas tiga kali, Surat Al-Falaq tiga kali, Surat An-Nas tiga kali, untuk apa? Supaya kita tidur dilindungi Allah dari pengaruh Syaitan.

Di sisi lain kita dianjurkan untuk wudhu sebelum tidur. Anda akan melihat orang yang sulit bangun Subuh itu pertanda dia betul-betul dicengkeram oleh setan. Kita jangan menunggu dibangunkan, jangan mengandalkan orang lain. Jika belum mampu bangun sendiri, berati kesadarannya belum tumbuh, dan dia masih menjadi orang-orang yang tergoda oleh setan. Kadang seseorang bangunnya susah, setelah bangun kadang tidur lagi.

Apalagi kita sebagai penuntut ilmu yang menghafalkan Al-Qur’an, dan ilmu-ilmu lainnya, seharusnya kita mampu menghindari pengaruh setan itu.

Ketika Ibnu Abbas ditanya mengapa setan tidak mengganggu orang Yahudi, Nasrani dan orang-orang bejat itu? Mengapa hanya kita saja yang digoda? Kata Ibnu Abbas mereka sudah rusak apalagi yang harus digoda?