Jaga Lisanmu!

 

 

Oleh : KH. Farid Ahmad Okbah. MA حفظه الله

 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda:

”Sesungguhnya ada seseorang yang mengucapkan suatu ucapan yang ia anggap ucapan itu biasa tetapi karena ucapan itulah dapat menyebabkan dirinya terjatuh ke dalam Neraka sejauh 70 tahun Iamanya.”

Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda:

”Sesungguhnya seorang hamba yang mengucapkan suatu ucapan yang menyebabkan murka Allah, dan dia menganggap hal itu biasa tetapi dia dimasukkan ke dalam Neraka Jahanam karena ucapan tersebut.”
Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam ditanya tentang sesuatu yang paling banyak menjerumuskan manusia ke dalam Neraka, beliau menjawab;  ”Dua Iubang; yakni mulut dan kemaluan.”

Oleh karena itu, ada nasehat dari salah seorang ulama yang berbunyi; ”Jika anda berbicara, yakinlah bahwa Allah mendengarnya, dan jika anda diam, ingat kalau Allah memperhatikan anda”.

Mari kita perhatikan di sekitar kita, banyak terjadi permusuhan diantara para elite disebabkan statemen yang tidak berkualitas. Dan, konon bisa melengserkan seorang pemimpin. Duhai luar biasanya pengaruh lisan itu.

Agar hidup dan kehidupan umat Islam lebih berarti, marilah kita perhatikan sabda Rasulullah % berikut.

Dari Abdallah bin ‘Amr dari Nabi bersabda:  ”Seorang muslim itu apabila orang-orang muslim Iainnya merasa aman dari Iidahnya dan tangannya, sedang orang yang hijrah dia adalah orang yang berhijrah (meninggalkan) segala yang di larang oleh Allah.”