Mengenal Buku Yang Akan Dibedah Ustadz Farid

Profil Buku Secara Umum

Judul asli buku ini adalah The Importance of Understanding The Text and The Context of Hadits. Ditulis oleh DR. Maza, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Penulis mengajak kaum muslimin untuk memahami fiqih hadits secara utuh melalui penelitian terhadap Asbabul Wurud. Penulis juga mengajak pembaca untuk memahami teks hadits serta penerapannya terhadap realita.

 

Kelebihan-Kelebihan Buku

  1. Penulis mengajak kita untuk memahami kondisi, personal, masyarakat, dan masalah. Lalu memahami hukum yang berbeda
  2. Penulis menyebutkan poin pembahasan di awal.
  3. Penulis mengajak kita untuk memahami kontradiksi dalil, serta memecahkannya dengan memahami Asbabul Wurud. Serta menjelaskan jawaban Ulama
  4. Penulis tidak bertele-tele dalam menjabarkan perbedaan pendapat dalam definisi. Sekaligus menyimpulkan mana yang paling ringkas, yakni Jami’ mani’
  5. Penulis menyebutkan klasifikasi Asbabul Wurud, supaya dapat dimengerti antara yang perlu diteliti dan yang sudah jelas.

 

Usulan Terhadap Buku Secara Umum

  1. Penulis sedikit menyinggung Asbab Wurud hadits dan mengaitkannya dengan perpolitikan modern (hlm. 29). Namun kurang memberi porsi lain, seperti ekonomi, pendidikan, militer, dan lain-lain.
  2. Pada halaman 33-35, belum bisa difahami apa yang dimaksud penulis. Masih samar, apakah penulis lebih menguatkan Hisab atau Ru’yatul Hilal dengan teropong.
  3. Penulis mengulang-ulang contoh yang sama. Contoh halaman 3-4 diulang halaman 52-53. Lau halaman 17 diulang halaman 25. Lalu halaman 37 diulang halaman 67.

 

Usulan Terhadap Bahasa

  1. Bahasa kurang renyah (belum sesuai tradisi bahasa Indonesia)
  2. Bahasa sering berputar-putar
  3. Bahasa agak sukar dipahami, karena pemilihan kosa kata yang kurang tepat