Pemuda Indonesia Sudah Boleh Ke Palestina? Ini Jawaban Bijak Syaikhuna Farid Okbah

 

Oeh : Muizz Abu Turob حفظه الله

 

Kami bertanya kepada Syaikhuna Farid Ahmad Okbah. MA حفظه الله, tentang andil kita untuk Palestina;

“Fadhilatasy Syaikh, banyak yang bertanya-tanya, apa yang harus kita lakukan untuk Palestina? Kita menyaksikan saudara kita dibantai, dan kota suci dinistakan? Ahsanallahu ilaikum…”

 

Maka Syaikhuna حفظه الله menjawab;

“Alhamdulillah wash shalaatu wassalaamu ala Rasulillah Saw. “Berjihadlah di jalan Allah dengan sebenar-benar jihad” (QS.Al-Haj: 78)

Dalam hadits yang agak panjang riwayat Ahmad dan lain-lain, dengan sanad yang shahih Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam menyatakan; Tidaklah kalian meninggalkan jihad kecuali Allah timpakan kalian kehinaan dst.

Kewajiban jihad di Palestina menjadi fardhu ain bagi yang mampu di sana. Adapun bagi kita di Indonesia fardhu kifayah. Berbuat sesuai kemampuan bisa dengan harta, bisa dengan jiwa, bisa dengan dukungan politik, bisa boikot produk Yahudi, sampai minimal doa. Jangan disepelekan doa, bisa jadi itu sangat ampuh maka jangan lupa doa-doa terbaik kita untuk Palestina terutama masjid Al-Aqsha. Termasuk dalam qunut nazilah. Baarakallah fiekum”

 

Kami kembali bertanya;

“Wahai Syaikh, sudahkah waktunya pemuda-pemuda Indonesia boleh berangkat ke Palestina, bukan hanya menyalurkan bantuan, namun ikut membela?”

 

Beliau حفظه الله menjawab dengan singkat dan bijak;

“Jawab aja secara umum diatas. Mau berangkat lewat mana? Jangan terpancing. Waffaqakallah”