Seimbang Antara Ilmu Duniawi dan Ukhrawi

 

 

Oleh : KH. Farid Ahmad Okbah. MA حفظه الله

 

Ibnul Qayyim dalam kitabnya Miftahud Daaris Sa’aadah juga menyebutkan argumenatasi keutamaan ilmu agama (ukhrawi) melebihi ilmu dunia dalam 300 point.

Berbeda dengan mereka yang hanya mencekoki akal mereka dengan pengetahuan umum tanpa dilandasi Oleh pengetahuan agama, akan terjadi ketidakseimbangan bahkan akan melahirkan kegersangan dan tak jarang bisa mencelakakan. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan tentang persenjataan terjadilah perebutan pengaruh dan kekuasaan. Keadaan seperti ini akan mengancam terjadi perang bintang, perang antar negara dan benua.

 

Lebih-lebih sudah banyak terbukti bencana yang dialarni umat manusia akibat majunya teknologi persenjataan itu. Heroshima dan Nagasaki hancur, Afghanistan dan Irak hancur, dan lain-lain. Bahkan ilmu pengetahuan secara umum kalau tidak diatur dengan etika kemanusiaan akan berakibat fatal.

 

Oleh karena itu, agama islam mengatur ‘ semua itu, bahwa segala sesuatu yang telah dicapai manusia harus dengan cara yang halal dan digunakan untuk kemaslahatan manusia. Betapa indahnya Islam, tak heran banyak ilmuwan yang masuk Islam karena di dalamnya terkandung tingkat keilmiahan yang sangat agung dan kemaslahatan yang sangat kompleks bagi segenap umat manusia.